Selasa, 25 November 2008

Resume UJIAN PORTFOLIO MATA bersama Dr. Yudisianil

Dokter pengujiku ini sekarang menjadi KODIK Departemen Mata. beliau orangnya baik banget. hohoho... kesan pertama ketemu beliau saat kuliah pengantar mata sih katanya yang ujian portfolio ama dia kagak akan dipersulit.

Serasa masuk surga kalo ujian sama dokter Y. Beneran! ujian di Perdami (samping departemen mata), udah AC-nya adem banget, ruanganya nyaman banget, serasa kagak ujian.

TIPS PERTAMA : beliau akan membandingkan mahasiswa satu dengan yang lainnya yang ujian sama dia. jadi kalo yang ujian bagus-bagus hasilnya trus ada satu yang jauh lebih jelek nilainya, mungkin bisa nggak lulus.

TIPS KEDUA : Jangan membuat lubang sendiri. ucapkan apa yang bener-bener lo tahu. beliau akan sangat senang jika kita lancar dan nggak gugup. Pede aja. tapi kalo kagak yahu jangan sotoi. hoho. Kalau portfolio kita membingungkan, maka beliau akan banyak tanya!jadi buatlah portfolio yang sistematik, manfaatkan tutorial dengan residen!

TIPS KETIGA : Beliau akan nanyain DD penyakit dari keluhan utama pasien. misalnya keluhan utama adalah penglihatan mata kiri semakin buram sejak 2 bulan yang lalu tanpa mata merah. beliau akan langsung tanya DD-nya apa: gua sebutin Katark, Retinopati, Glaukoma kronis, kelainan refraksi, Age related macular degeneration... trus apalagi, tetttott.... krik, krik.. Hal ini akan selalu ditanyain RETINITIS PIGMENTOSA! (penyakit genetik dengan keluhan mata tenang dengan visus turun perlahan). lalu, beliau akan tanya lagi, Retinitis pigmentosa ini gejalanya gimana?terus-terus dan terus tanya. jadi perdalamlah pengetahuan mengenai DD juga.

TIPS KEEMPAT: Bagaiman cara menyingkirkan DD dari anamnesis, sebutkan! jangan lupa di setiap mata harus dituliskan diagnosanya setelah pemeriksaan oftalmologi. walaupun kelainan refraksi, harus ditulis. kalau memang sehat, tulis emetropia tapi pastikan nggak ada kelainan refraksi, presbiop jangan lupa.

TIPS KELIMA : Pemeriksaan harus tahu gunanya, untuk apa? pada Retinopati sebelum dilakukan fotokoagulasi panretina harus dilakukan pemeriksaan ERG buat nglihat daerah iskemia. pokoknya kalo bisa baca, baca buku ijo ampe selesai. dicicil aja.

TIPS KEENAM : pertanyaan wajib dokter Y adalah, masalah mata yang bisa ditangani dokter umum. antara lain katarak, glaukoma, kelainan refraksi, konjungtivitis, dan Defisiensi vit. A (xeroftalmia), baca tuh..

TIPS KEENAM: Siapkanlah diri lo sebaik-baiknya. pastikan lo tahu bener kasus lo apaan. cukup istirahat. banyak baca. dan siapkan mental untuk terlihat tidak gugup. dengan itu, alhamdulillah gua lulus. SEmaNgat kelompok 10!

Tidak ada komentar: