Selasa, 25 November 2008

Ronde, Kuliah empati dan komunikasi, dan Mini CEX THT

Ronde pagi ini aku melihat pasien,
1) benjolan di colli sinistra yang belum jelas apaan. benjolannya besar banget, setelah dilakukan semua pemeriksaan (rinoskopi, larongoskopi, nasofaringoskopi, endoskopi) tak ditemukan apa-apa. opppssss... akhirnya di FNAB ditemukan hasilnya KSS (karsinoma sel skuamosa). tapi masih belum juga, hehehe. susah deh.
2) tumor di hidung kiri post op.
3) OMSK post op. ini dia pasien gua. keluhan utamanya adalah keluar cairan dari telinga kiri sejak 20 tahun yang lalu, cairan bening bau amis. tinitus kontinyu positif, otalgia negatif, keluhan lain tak ada, hidung dan tenggorok tidak ada kelainan. pasien sudah pernah dioperasi tahun 1998 dan 2001. namun masih keluar cairan. akhirnya tahun 2008 ini dilakukan timpanoplasti dinding runtuh di RSCM. Wow.... walau sudah diop 2 kali masih bisa belum sembuh. Kenapa? PR gua hari ini!hehehe..

Setelah Ronde gua ikut dag-dig-dug karena mau kuliah sama dokter endang. hhmmm.. katanya beliau disiplin banget. bener ternyata. awal beliau masuk kelas kita langsung disodorin kertas bekas dan tugas pertama datang... apa itu? disuruh buat sifat dokter yang baik dan sifat manusia yang baik seperti apa.susah ya ternyata bikin gituan.

menurut gua dokter yang baik adalah
1) dokter yang disiplin, disiplin ilmu dan waktu. karena on time itu penting
2) dokter yang dermawan
3) dokter yang penolong
4) dokter yang mementingkan kepentingan pasien
5) dokter yang tahu kelebihan dan kekurangan sendiri
6) dokter yang bisa menyimpan rahasia pasien
7) dokter yang bisa berkomunikasi dengan baik
8) dokter yang bisa berempati
9) dokter yang jujur
10) dokter yang bertanggungjawab, ramah, dan sopan santun dalam berucap dan bertingkah laku
wowowow......

hhmmm setelah itu diminta menilai diri gua sendiri. ala makjang!!! jadi berapa nilai gua?hehe. tapi memang bener ditengah-tengah kesibukan itu, gua sangat terbantu dengan kuliah beliau. SANGAT BERGUNA. gua baru menyadari menurut diri gau sendiri untuk menjadi dokter memang susah.. beliau juga mengajari apa gunanya HATI NURANI yang diberikan Tuhan. hohoho...gua jadi mau nangis, Jadi Tergugah!!!

So... dari sekarang berpikir baiklah, sesuai hati nurani.hhmmm....

MINI-CEX THT.
ternyata lift di Poli cuma muat dikit, terpaksa deh ngantri lama buat naik ke Lantai 4. sampai Poli langsung mencari Pak Andang, dan kita menunggu di ruang tindakan. deg2an juga takut dapat kasus yang susah. akhirnya datang juga!!
Pasien 1) Wanita, 47 tahun dengan keluhan benjolan di hidung bagian kiri. suspek awal dari dokter umum adalah sumbatan duktus nasolakrimal (tettottt!!! kok bisa lawong keras kayak gitu, trus tes anel juga positif, kagak ada sumbatan), trus dikirim ke dokter mata, kagak sembuh lah... akhirnya pasien berinisiatif untuk dateng ke THT. Kejutannya setelah diperika???? Semuanya normal. mungkin deformitas karena riwayat trauma. akhirnya difoto nasal AP lateral. kelanjutaanya??? kagak tahu. kayaknya sih, nggak ada kecurigaan apa-apa. tidak ada gangguan fungsi THT, hhmmm. ternyata ada ada pasien yang sangat mementingkan kepentingan kostemik. krik,krik, udah tua lo...

Kesan Mini-CEX hari ini, santai banget. mungkin tegang saat CBT (Case based teaching), serem juga kalo kita kagak lengkap pas MINI-CEX ditanya-tanya, jadi ketahuan kalo kagak ngerti. jadi solusinya Belajar Giat. Tapi santai......

Tidak ada komentar: